Parenting

10 Aktivitas Anak Selama Bulan Ramadhan, Bisa Isi Waktu Sampai Berbuka Puasa

Si Kecil sedang menjalankan puasa Ramadhan, Bunda? Biar kuat dan enggak lapar, coba isi waktu anak dengan aktivitas yang positif di bulan suci ini.

Bulan Ramadhan dapat menjadi waktu tepat mengenalkan agama pada anak. Kita juga bisa mengajarkan mereka untuk menahan lapar dan haus.

Bagi anak yang sudah berusia tujuh tahun, Bunda sudah bisa melatih mereka untuk mengurangi makan dan minum ya. Kita juga perlu membiasakan anak ikut sahur dan berpuasa hingga petang bila kuat secara fisik dan mental.

Bagi anak yang masih kecil, puasa dapat dilakukan semampunya. Jangan paksakan, tapi juga jangan biasakan mereka tidak belajar puasa.

Menurut anggota Divisi Pembinaan Keluarga Majelis Tabligh PP ‘Aisyiyah, Dr. Hibana Yusuf, M.Pd., Bunda mungkin perlu mengalihkan perhatian anak agar tak lapar dan haus selama puasa. Caranya dengan melakukan aktivitas positif.

“Secara hormonal nafsu makan saat puasa bisa jadi naik. Ketika anak membayangkan makanan atau jadi lapar, Ayah dan bunda bisa sedikit mengalihkan perhatian degan mengisi kegiatan yang menarik,” kata wanita yang akrab disapa Ana ini dalam Live Instagram HaiBunda belum lama ini.

Lakukanlah aktivitas ringan yang tidak memberatkan anak puasa. Misalnya, aktivitas motorik halus yang tidak mengeluarkan banyak energi, Bunda.

“Anak jangan diberikan aktivitas menyenangkan tapi malah menghabiskan energinya. Berikanlah aktivitas menyenangkan yang hanya menggunakan motorik halus,” ujar Ana.

Lalu apa saja jenis aktivitas menyenangkan yang bisa dilakukan anak selama puasa? Mengutip berbagai sumber, berikut daftarnya:

1. Membaca buku

Salah satu aktivitas motorik halus yang bisa dilakukan anak adalah membaca buku. Berikan buku menarik yang membuatnya bersemangat, misalnya buku dongeng.

Bila perlu, Bunda bisa ikut membacakan dongeng dengan alat peraga sederhana. Minta anak untuk memperagakannya juga ya.

2. Jalan-jalan sore

Jalan-jalan sore atau ngabuburit dapat menjadi rutinitas andalan selama bulan puasa. Mendekati waktu berbuka biasanya anak enggak sabar atau semakin lapar.

Untuk mengalihkan perhatian mereka, coba ajak jalan-jalan sore bersama keluarga. Kegiatan ini juga bisa mempererat hubungan orang tua dengan anaknya.

“Ciptakan kegiatan ngabuburit dengan aktivitas yang menyenangkan, sehingga perhatian anak tidak terpaku pada makanan saja,” kata Ana.

3. Bercocok tanam

Hobi bercocok tanam juga bisa jadi aktivitas menyenangkan lho, Bunda. Ajak si Kecil menanam tanaman di halaman rumah dan minta dia merawat tanaman itu setiap hari.

Pilihkan waktu yang tepat saat bercocok tanam. Misalnya, sore hari ketika cuaca tidak panas atau menjelang buka puasa.
4. Membuat prakarya

Isi waktu kosong puasa dengan melakuka aktivitas bermanfaat dan kreatif bersama si Kecil. Salah satunya dengan membuat prakarya unik.

Tak perlu mahal, Bunda bisa gunakan bahan bekas untuk membuat prakarya ini ya. Misalnya, kain bekas dan karet yang dibuat bando atau gelang.
5. Menonton film

Nah, menonton film bersama di Kecil bisa mengalihkan perhatiannya yang lapar lho. Apalagi, bila film tersebut berdurasi cukup lama, Bunda.

Pilihkan film anak yang disukai si Kecil. Tonton bersama lalu ajak mereka berdiskusi tentang isi cerita film.
6. Belajar mengaji

Bulan puasa adalah waktu tepat untuk mengajarkan anak tentang Islam. Salah satunya keutamaan untuk mendapatkan pahala dari ibadah mengaji.

Kegiatan ini dapat menyesuaikan usia si Kecil ya. Bagi anak yang masih keci, dapat diajarkan mengaji Iqro dan menghapal surat-surat pendek.

Bagi anak yang sudah lebih besar, coba minta mereka mengaji Al-Quran satu juz setiap hari. Jelaskan pula pahala yang didapat bila melakukan ibadah ini selama bulan puasa.

7. Mendekorasi rumah

Bulan Ramadhan kental dengan suasana baru. Selama di rumah saja, kita dapat mengajak anak mendekorasi rumah, Bunda.

Minta pendapat anak tentang dekorasi di setiap sudut ruangan. Ajak juga si Kecil membuat kaligrafi tulisan Alquran agar nuansa bulan suci semakin terasa.

8. Virtual Iftar

Iftar atau buka puasa tentu menjadi momen yang ditunggu si Kecil setelah seharian berpuasa ya. Agar si Kecil enggak jenuh, coba lakukan virtual iftar bersama teman-temannya atau keluarga Bunda lainnya melalui video call.

9. Berdonasi

Berdonasi adalah kegiatan positif yang bisa dikenalkan ke anak saat bulan Ramadhan. Minta anak menyisihkan uang jajannya untuk saudara yang membutuhkan.

Jangan lupa untuk menjelaskan makna berdonasi ya. Berbagi kepada orang yang membutuhkan dapat mendatangkan pahala berlimpah dan rezeki bagi kita.
10. Salat berjamaah

Selama pandemi COVID-19, kegiatan ibadah bulan Ramadan masih dibatasi dan banyak dilakukan di rumah. Salah satunya sholat.

Agar momen Ramadan tetap terasa, Bunda bisa ajak si kecil untuk ikut salat berjemaah bersama keluarga. Berikan kepercayaan padanya untuk memimpin doa atau menyiapkan tempat untuk salat berjamaah di rumah.

What is your reaction?

Excited
0
Happy
0
In Love
0
Not Sure
0
Silly
0

You may also like

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in:Parenting