Sejak mulai diberikan Makanan Pendamping ASI (MPASI), berat badan Si Kecil malah susah naik, Bunda? Duh, kalau sudah kaya gini rasanya bikin pusing bukan main ya. Apa ada yang salah dengan menu MPASI yang kita berikan?

Pemberian MPASI seharusnya menunjang pertumbuhan pada anak. Namun tidak sedikit anak yang menolak makan. Hal ini tentunya membuat bunda berpikir ekstra ketika menyajikan MPASI untuk Si Kecil. Selain rasanya yang disukai anak, bunda juga harus memilih bahan MPASI yang dapat membantu menaikkan berat badan.

Bicara tentang berat badan anak, ini menjadi pemikiran mendalam bagi para bunda. Pasalnya, berat badan anak bukan hanya untuk kesehatan mereka namun juga berpengaruh pada otak dan kecerdasan. Nah, jangan sampai anak tidak tumbuh dengan berat badan yang seharusnya ya, Bunda.

Prof. Dr. dr. Damayanti Rusli Sjarif, SpA(K), mengajak para orangtua untuk waspada terhadap weight faltering. Weight faltering yaitu kondisi berat badan anak yang tidak naik atau naik namun tidak adekuat. Karena kondisi ini adalah alarm awal untuk mengantisipasi anak terhindar dari keadaan yang lebih buruk.

“Kalau berat badannya tidak naik atau naik tapi tidak adekuat IQ sudah turun 3-4 poin. Jika dideteksi lebih dini masih bisa kembali normal. Jadi untuk ibu-ibu deteksi lebih dini dan waspada terhadap weight faltering,” kata Damayanti dikutip dari akun Youtube Tentang Anak pada Selasa (27/4).

Pemberian MPASI yang tepat dengan bahan makanan yang baik akan membantu menaikkan berat badan bayi. MPASI yang baik yaitu menu lengkap yang terdapat karbohidrat, protein khususnya hewani, lemak, serta sayur dan buah sebagai perkenalan pada anak.

Berikut ada beberapa bahan yang bisa membantu menaikkan berat badan Si Kecil. Simak di halaman selanjutnya ya, Bunda!

Melansir dari laman Parents, berikut beberapa bahan MPASI yang bisa menaikkan berat badan anak. Bunda bisa mengombinasikannya sesuai dengan menu yang ingin dibuat. Bisa juga jadi ide untuk camilan Si Kecil. Selamat mencoba ya bunda:
Bahan MPASI bantu tingkatkan berat badan anak:
1. Minyak Zaitun

Minyak zaitun memiliki kalori yang tinggi. Selain itu dengan mencampurkan minyak zaitun pada MPASI juga dapat memenuhi asupan lemak Si Kecil. Jika bahan-bahan yang dibutuhkan tubuh sudah terpenuhi tentunya berat badan anak bisa dengan mudah naik sesuai kurva pertumbuhan.

2. Susu

Sejak lahir anak sudah minum susu baik itu ASI atau formula. Agar berat badan anak terus naik, bunda bisa meneruskan minum susu untuk Si Kecil di tahun pertama dan keduanya. Selain menaikkan berat badan, mengonsumsi susu juga dapat membuat tulang anak sehat dan tumbuh lebih tinggi.

3. Keju

Keju adalah produk turunan susu yang juga memberikan manfaat untuk menaikkan berat badan anak. Bunda bisa menambahkan keju dalam menu yang dijasikan untuk Si Kecil. Tambahkan sebagai topping untuk memberikan rasa gurih sehingga anak makan dengan lebih lahap.

What is your reaction?

Excited
0
Happy
0
In Love
0
Not Sure
0
Silly
0

You may also like

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in:Parenting