Parenting

5 Pilihan Minuman Sehat & Bernutrisi untuk Anak, Bantu Penuhi Cairan Tubuh

Memenuhi kebutuhan nutrisi anak penting untuk tumbuh kembangnya, Bunda. Selain makanan, kita bisa memenuhinya dari minuman.

Konsumsi cairan yang cukup dapat membantu mengatasi masalah pencernaan. Selain itu, cairan penting untuk menjaga keseimbangan elektrolit tubuh.

Bunda perlu menawarkan minuman pada anak setiap hari ya. Tolak ukur pemenuhan cairan tubuh dapat dilihat dari seberapa sering anak buang air kecil.

Ada banyak pilihan minuman yang bisa diberikan ke si Kecil setiap hari. Namun, tak semua minuman ini sehat dan bernutrisi untuk mereka.

Nah, dilansir Healthline, berikut 5 pilihan minuman sehat dan bernutrisi untuk anak yang bisa bantu penuh kebutuhan cairannya:

1. Air putih

Air putih sangat penting untuk memenuhi asupan cairan yang dibutuhkan anak, Bunda. Air diperlukan untuk proses vital di tubuh anak, termasuk mengatur suhu tubuh dan fungsi organ.

Terkait dengan berat badan, anak-anak memiliki kebutuhan air yang lebih banyak dibandingkan orang dewasa. Dalam Journal of Pediatric Pharmacology and Therapeutics disebutkan bahwa hal ini disebabkan karena tubuh anak masih tumbuh dan tingkat metabolismenya masih tinggi.

“Konsumsi air yang cukup juga dikaitkan dengan berat badan ideal, penurunan risiko gigi berlubang, dan peningkatan fungsi otak pada anak-anak. Kekurangan air dapat menyebabkan dehidrasi yang berpotensi menurunkan fungsi otak, menyebabkan sembelit, dan kelelahan,” kata ahli diet Jillian Kubala, MS, RD.

2. Air kelapa

Meski mengandung gula dan kalori, air kepala termasuk dalam minuman menyehatkan untuk anak. Air kelapa kaya akan nutrisi dan elektrolit yang bisa mengembalikan tenaga yang habis terbuang karena aktivitas fisik.

“Air kelapa menyediakan sejumlah nutrisi yang baik, termasuk vitamin C, magnesium, dan kalium. Semuanya penting untuk anak-anak,” ujar Kubala.

Konsumsi air kelapa juga baik untuk kesehatan karena bisa menggantikan cairan tubuh. Air kelapa bahkan bisa menghidrasi anak yang sakit diare atau muntah.

3. Air dengan perasa alami

Air dengan perasa alami dapat menjadi minuman menyehatkan untuk si Kecil. Minuman ini bisa dibuat sendiri dengan campuran buah dan sayuran, seperti nanas dan mint, mentimun dan semangka, blueberry dan rasberry, stoberi dan lemon, atau air jeruk nipis.

Cobalah cari kombinasi rasa yang disukai anak sebelum memberikannya, Bunda. Sebaiknya jangan menambahkan gula atau pemanis buatan ya.

4. Smoothies

Minuman smoothies banyak disukai anak-anak, Bunda. Kita dapat mencampurkan yogurt dan berbagai jenis buah dalam minuman ini.

Smoothies juga dapat membantu Bunda yang berurusan dengan anak picky eater. Selain buah, kita bisa mencampur minuman ini dengan sayuran seperti bayam.

Untuk membuatnya, cukup haluskan bahan-bahan dengan susu tanpa pemanis atau yogurt. Agar terasa enak, Bunda bisa gunakan tambahan bubuk kakao, alpukat, atau biji rami bubuk. Smoothies dapat diberikan sebagai menu camilan karena mengandung tinggi kalori.

5. Susu tanpa pemanis

Susu tanpa pemanis atau tawar merupakan pilihan tepat untuk minuman sehat anak. Susu mengandung nilai gizi dan nutrisi yang penting untuk tumbuh kembang si kecil, Bunda.

Carilah susu yang mengandung protein, kalsium, fosfor, dan magnesium. Nutrisi penting ini dibutuhkan untuk kesehatan tulang.

Susu dengan kandungan lemak sekitar 2 persen juga dapat diberikan ya. Kebutuhan lemak anak cukup tinggi bila dibandingkan orang dewasa.

“Namun, penting untuk diperhatikan bahwa minum terlalu banyak susu dapat menyebabkan anak-anak kenyang, serta berpotensi membuat mereka malas makan,” ujar Kubala.

Dell XPS 13

8.3

Dell’s latest XPS 13 doesn’t stray from the line’s high standards. It’s fast, slim and sturdy. Sure, the company didn’t change much, but it didn’t really have to.

Pros
  • Still gorgeous thanks to the InfinityEdge screen
  • A bit lighter and slimmer than before
  • Supports external GPUs
  • Display now supports HDR
Cons
  • You’ll pay for the 4K display in battery life
  • No traditional USB ports or full-sized SD card reader
  • Very Expensive

What is your reaction?

Excited
0
Happy
0
In Love
0
Not Sure
0
Silly
0

You may also like

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in:Parenting