Kehamilan

Benarkah Ibu Hamil Membaca Surat Yusuf Bisa Membuat Bayi Tampan?

Banyak Bunda yang ingin memiliki anak-anak dengan wajah rupawan. Tampan atau cantik, dianggap sebagai berkah tersendiri untuk keturunannya kelak. Itu sebabnya, tak sedikit Bunda yang mengamalkan membaca surat Yusuf saat hamil.

Ya, bagi Bunda yang beragama islam, ada yang meyakini bahwa pengamalan doa tertentu bisa memberikan ketampanan bagi bayi yang sedang dikandung oleh Bunda. Termasuk dengan mengamalkan bacaan Surat Yusuf.

Surat Yusuf terdiri dari 111 ayat dan diturunkan di kota Mekah. Menurut Prof. Quraish Shihab, dinamakan surat Yusuf karena memang sesuai dengan kandungan di dalamnya. Surat ini menguraikan tentang kisah Nabi Yusuf As.

Saat hamil, Bunda juga disarankan untuk berdoa dan berdzikir untuk menjaga diri selain sholat lima waktu. Nash-nash Al-Qur’an dan hadits banyak menjelaskan tentang keutamaan doa dan dzikir ini.
Banner tanaman hias pembawa hoki.
Banner tanaman hias pembawa hoki./ Foto: Mia Kurnia Sari

Allah SWT berfirman:

فَاذْكُرُونِي أَذْكُرْكُمْ وَاشْكُرُوا لِي وَلَا تَكْفُرُونِ

“Fadzkuruunii adzkurkum wasy kuruu lii wa laa takfuruun.”

Artinya: “Maka ingatlah kamu kepada-Ku, niscaya Aku ingat (pula) kepadamu dan bersyukurlah kepada-Ku, dan janganlah kamu mengingkari (nikmat)Ku. (QS. Al-Baqarah: 152).

Dalam buku Doa dan Zikir Mustajab untuk Ibu Hamil dan Menyusui ada sebuah hadits yang menyebutkan, “Sesungguhnya setiap kamu dibentuk di perut ibumu selama 40 hari, kemudian berbentuk ‘alaqah kemudian menjadi mudhghah, kemudian Allah mengutus malaikat untuk meniupkan ruh dan menetapkan 4 masalah,” (HR Bukhari, Ibnu Majah dan Tirmidzi).

Lalu, apakah membaca Surat Yusuf selama kehamilan bisa menjamin keturunan kita menjadi tampan? Ternyata dalam penjelasan dalam buku Agar Momonganmu Cantik dan Tampan, Lapis-lapis Keberkahan Surat Yusuf dan Maryam bagi Ibu Hamil, ternyata keyakinan terhadap khasiat dari dua doa itu tidak lah benar.

“Karena tidak ada dalil yang menganjurkan bagi Bunda hamil untuk membaca Surat Yusuf dan Surat Maryam. Apalagi untuk tujuan diberikan anak yang tampan atau cantik,” tulis Ana Syafaratin dalam bukunya.

“Allah SWT dan Rasul-Nya pun tidak pernah memerintahkannya, baik secara tersurat maupun tersirat. Begitu pula para sahabat juga tidak pernah mencontohkan demikian,” tegasnya.

Membaca bacaan Al-Qur’an di sepanjang kehamilan memang hal yang bagus. Harapannya, hal itu bisa membekali si kecil dengan doa-doa terbaik dari Al-Qur’an sejak dirinya masih dalam kandungan. Namun, sebaiknya jangan meyakini bahwa doa-doa ini menjadi jaminan bahwa putra-putri yang sedang dikandung akan memiliki wajah yang tampan seperti nabiYusuf ya, Bunda.

Lalu apa saja kah bacaan doa yang bisa Bunda Hamil praktikkan selama hamil? Simak lengkapnya di halaman berikut ya, Bunda.

Sebagai orang tua yang sedang menantikan kelahiran sang buah hati, tentu saja Bunda ingin mengupayakan segala sesuatunya yang terbaik bagi Si Kecil. Mulai dari melengkapi nutrisi yang dibutuhkan Bunda, menyiapkan segala kebutuhan dasar Bunda selama kehamilan dan kebutuhan si kecil kelak, sampai juga memanjatkan banyak doa kepada Tuhan Yang Maha Kuasa agar diberikan segala kebaikan, kelancaran dan kesempurnaan dalam masa kehamilan dan untuk sang buah hati kelak.

Lalu sekiranya apa saja sih Bunda, doa yang bisa dipanjatkan dan diamalkan oleh Bunda dan Ayah selama Bunda Hamil? Berikut adalah beberapa doa yang disarankan untuk dibaca oleh Bunda dan Ayah, dikutip dari berbagai sumber:

Bagi Bunda yang sedang hamil, ia dianjurkan untuk banyak membaca:

وَاللهُ أَخْرَجَكُمْ مِنْ بُطُونِ أُمَّهَاتِكُمْ تَارَةً أُخْرَى

“Wallâhu ahrajakum mim buthûni ummahâtikum târatan ukhra.” yang artinya: “Dan Allah mengeluarkan kalian dari perut ibu-ibu kalian pada kesempatan yang lain (persalinan).”

Sedangkan bagi Ayah, dianjurkan untuk:

– Membaca Surat al-Fatihah sebanyak 7 kali setiap ba’da shalat shubuh dan ditiupkan pada perut Bunda.
– Membaca surat al-Insyirah (Alam Nasyrah) sebanyak 7 kali setiap ba’da shalat maghrib dan ditiupkan pada perut Bunda.
– Memperbanyak membaca berdoa di bawah ini:

اللهم احْفَظْ وَلَدِي مَادَامَ فِى بَطْنِ زَوْجَتِي وَاشْفِهِ أَنْتَ الشَّافِى لَا شِفَاءَ إِلَّا شِفَآؤُكَ شِفَآءً لآيُغَادِرُ سَقَمًا اللهم صَوِّرْهُ فِي بَطْنِ زَوْحَتِي صُوْرَةً حَسَنَةً وَثَبِّتْ قَلْبَهُ إِيْمَانًا بِكَ وَبِرَسُوْلِكَ اللهم أَخْرِجْهُ مِنْ بَطْنِ زَوْجَتِي وَقْتَ وِلَادَتِهَا سَهْلًا وَتَسْلِيْمًا اللهم اجْعَلْهُ صَحِيْحًا كَامِلًا وَعَاقِلًا حَاذِقًا عَالِمًا عَامِلًا اللهم طَوِّلْ عُمُرَهُ وَصَحِّحْ جَسَدَهُ وَحَسِّنْ خُلُقَهُ وَأَفْصِحْ لِسَانَهُ وَأَحْسِنْ صَوْتَهُ لِقِرَاءَةِ الْحَدِيْثِ وَالْقُرْآنِ الْعَظِيْمِ بِبَرَكَةِ مُحَمَّدٍ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَالْحَمْدُ لِلهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ

“Allahummahfadz waladî mâ dâma fî bathni zaujatî wasyfihi anta asy-syâfi lâ syifâ`an illâ syifâuka syifâ`an lâ yughâdiru saqaman. Allahumma shawwirhu fî bathni zaujatî shûratan hasanatan watsabbit qolbahu îmânan bika wa bi-Rasûlika. Allahumma akhrijhu mim bathni zaujatî waqta wilâdatihâ sahlan wa taslîman. Allahumma ij’alhu shahîhan kâmilan wa ‘âqilan hâdziqan ‘âmilan. Allahumma thowwil ‘umrohu wa shahhih jasadahu wa hassin khuluqohu wa afshah lisânahu wa ahsin shautahu liqirooatil hadîtsi wal qur`ânil ‘adzîm bibarokati Muhammadin shallallâhu ‘alaihi wasallam. Walhamdulillâhi Robbil ‘âlamîn.”

Yang artinya:

“Ya Allah, jagalah anakku selama ia berada dalam perut istriku, sehatkan ia, sesungguhnya Engkau Yang Maha Menyehatkan, tak ada kesehatan kecuali kesehatan dari-Mu, kesehatan yang tak terganggu penyakit. Ya Allah, bentuk ia yang ada di perut istriku dalam rupa yang baik, tetapkan dalam hatinya keimanan pada-Mu pada Rasul-Mu. Ya Allah, keluarkan dia dari perut istriku pada saat kelahirannya secara mudah dan selamat. Ya Allah, jadikan ia utuh, sempurna, berakal, cerdas, banyak beramal. Ya Allah, panjangkan umurnya, sehatkan jasadnya, baguskan rupanya, dan fasihkan lisannya untuk membaca hadits dan Al-Qur’an Yang Agung, dengan berkah Nabi Muhammad SAW. Segala puji bagi Allah, Tuhan semesta Alam.”

Demikian beberapa doa dan amalan yang bisa Bunda dan Ayah jalankan selama kehamilan, Bunda. Semoga bermanfaat dan bisa diamalkan dengan baik bersama Ayah, ya.

What is your reaction?

Excited
0
Happy
0
In Love
0
Not Sure
0
Silly
0

You may also like

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in:Kehamilan